Sabtu, 21 April 2012

Publisitas dan Promosi Perpustakaan


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Perpustakaan merupakau salah satu sumber informasi yang memiliki kekutan yang sangat luas mencakup berbagai ilmu pengetahuan, teknologi, seni maupun politik. Perpustakaan merupakan salah satu unit kerja yang menduduki posisi yang sangat strategis. ekonomis. dan geografis bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana dalam pembukaan UUD 1945 berperan sebagai sarana pelaksanaan belajar mandiri. pendidikan seumur hidup bagi individu maupun kelompok masyarakat.
Dengan adanya sebuah perpustakaan kita bisa memperoleh informasi dan ilmu yang berguna bagi masa depan kita.  Pada masa sekarang ini banyak sekali orang beranggapan bahwa perpustakaan hanyalah sebuah ruangan sempit di ujung koridor sekolah yang penuh debu, dan tidak menarik sama sekali, ditambah dengan  petugasnya yang galak dan koleksi bukunya yang sangat minim karena kebanyakan berisi buku-buku pelajaran yang sudah dimiliki para siswa.
Dari penilaian di atas tersebut. maka sangat diperlukan sekali pengenalan perpustakaan tersebut kepada para pengguna. karena mungkin mereka hanya mengumpulkan keadaan tersebut tanpa mengenal lebih jauh arti keberadaan sebuah Perpustakaan. Untuk itu sangat diperlukan sekali pengenalan terhadap sebuah perpustakaan, bagaimana mungkin sebuah Perpustakaan akau didatangi banyak pengguna,  jika Pepustakaan  sendiri tidak dikenal oleh para pengguna. Untuk bisa memanfaatkan sebuah perpustakaau itu kita perlu mengenal perpustakaau persebut. Memupuk kemampuan memanfaatkan perpustakaan harus dimulai dengan mengenal organisasi dan jenis koleksi perpustakaan serta memiliki pengetahuan buku-buku referensi (acuan) yaitu mengenai ruang lingkup, isi dan susunannya. Kita juga harus bisa meyakinkan para pengguna perpustakaan tersebut. bahwa perpustakaan itu sangat penting bagi kita dalam menunjang kegiatan belajar mengajar disebuah institusi. Perpustakaan sangat penting untuk kita kenalkan kepada masyarakat Indonesia. terutama pada pelajar-pelajar yang memang sangat perlu dalam menunjang pendidikan mereka tersebut. Seperti Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Perguuan Tinggi tersebut harus kita kenalkan kepada masyarakat umum maupun staf yang berhubungan dengan perpustakaan. supaya semua civitas akademik maupun masyarakat biasa memanfaatkan segala fasilitas yang ada di perpustakaan karena tugas Perpustakaan Perguruan Tinggi untuk datang ketempat yang dituju.
Untuk itu kita sangat perlu untuk mengadakan promosi tentang Perpustakaan tersebut kepada masyarakat. Promosi itu sangat pentig untuk memperkenalkan Perpustakaan tersebut, bagaimana sebuah Perpustakaan itu bisa berdiri, apa saja layanan yang ada di Perpustakaan dan apa manfaat dari Perpustakaan itu, hal tersebut biasa kita terapkan dalam mempromosikan perpustakaan. Maka untuk mencapai target pengunjung, dau kepuasan mereka dengan fasilitas yang ada di perpustakaan perguruan Tinggi sangat diperlukan suatu strategi promosi perguruan Tinggi.
Startegi promosi perguruan Tinggi ini sangat berguna dalam meningkatkan kualitas pengunjung. Pada dasarnya. Perpustakaan perguruan Tinggi itu sangat banyak hambatannya, karena sebagian besar pengguna umum maupun mahasiswa tidak tertarik dengan perpustakaan, karena kebanyakan dari pengguna beranggapan bahwa perpustakaan identik dengan buku yang monoton yang  sudah pernah dilihat masyarakat dan tidak menarik lagi untuk dibaca. maka dari itu sangat perlu sekali bagi pengguna untuk merubah kesan yang ada pada pikiran mereka sebelumnya dan mempersiapkan fasilitas yang ada pada Perpustakaan Perguruan Tinggi dengan baik.
Berkaitan dengan Promosi Perpustakaan perguruan Tinggi tersebut, disini penulis akan menjelaskan secara mendasar bagaimana strategi promosi yang dilakukan di Perpustakaan Perguruan Tinggi untuk sebuah Perpustakaan dalam mencari mahasiswa maupun pengguna lain untuk berkunjung ke Perpustakaan tersebut dan sekaligus untuk mengubah image yang negatif tentaug sebuah perpustakaan.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, penulis merumuskan beberapa pemasalahan  sebagai  berikut :
1.      Apa yang dimaksud dengan publisitas dan promosi perpustakaan?
2.      Apa saja yang merupakan Sarana Promosi Perpustakaan yang ada di Perpustakaan?
3.      Apa kendala dalam mempromosi Perpustakaan?

C.    Tujuan penulisan
Adapun tujuan penulisan  untuk:
1.      Mengetahui publisitas dan promosi perpustakaan
2.      Mengetahui Sarana Promosi yang ada Perpustakaan
3.       Mengetahui kendala-kendala dalam mempromosi perpustakaan


BAB II
PEMBAHASAN
PUBLISITAS DAN PROMOSI PERPUSTAKAAN

A.    Pengertian publisitas  dan promosi
1.      Pengertian publisitas
  Publisitas adalah penempatan berupa artikel, tulisan, foto, atau tayangan visual yang sarat nilai berita baik karena luar biasa, penting, atau mengandung unsur-unsur emosional, kemanusiaan, dan humor) secara gratis dan bertujuan untuk memusatkan perhatian terhadap suatu tempat, orang, orang, atau suatu institusi yang biasanya dilakukan melalui penerbitan umum.
2.      Pengertian promosi
      Promosi adalah suatu bentuk komuikasi pemasaran, yakni aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi. Mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, memberi dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.[1]
Promosi pelayanan perpustakaan perlu dilakukan supaya seluruh aktivitas yang berhubungan dengan jasa perpustakaan dapat diketahui dan dipahami oleh masyarakat. Kenyataan  menunjukkan bahwa apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan masih sangat rendah. Hal itu dapat dilihat dari rendahyapemanfaatan  perpustakaan oleh masyarakat.[2]
Untuk mengenalnya dan memasarkan jasanya, perpustakaan tidak cukup hanya membangun jasa informasi serta mengharapkan masyarakat akan begitu saja mendatangi perpustakaan-perpustakaan. Jumlah orang yang benar-benar ingin tahu atau menikmati perpustakaan sangat sedikit. Oleh sebab itu masyarakat perlu diingatkan secara terus-menerus dan efektif akan eksistensi jasa perpustakaan. Kegiatan promosi ini sangat diperhaitkan sekali. karena kita sebagai pustakawan tidak tahu kapan masyarakat itu akan merasa sangat memerlukan sebuah informasi, pustakawan juga tidak tahu sebesar apa masyarakat merasa penting dengan adanya sebuah perpustakaan. Maka dari itu pustakawan harus bisa mengatue dan menerapkan strategi promosi perpustakaan dengan baik agar bisa menarik perhatian masyarakat.
Kegiatan promosi seakan-akan telah menjadi bagian dari hidup kita. Perkembangan ilmu dan teknologi komunikasi tidak bisa disangsikan lagi telah menyokong perkembangan kegiatan promosi. Jika dulu bekerja di bidang atau keagenan promosi merupakan pilihan terakhir, sekarang justru menjadi sektor bisnis yang sangat menjanjikan.[3]
Promosi merupakan faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. betapapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk ini akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya.[4]

B.     Perbedaan Promasi dan Pemasaran
Dalam dunia perdagangan promosi adalah usaha untuk memajukan dan meningkatkan citra popularitas  barang yang akau dijual. Promosi Perpustakaan pada dasarnya merupakan forum pertukaran informasi antara organisasi dan konsumen dengau tujuan utama memberikan informasi tentang produk atau jasa sekaligus yang disediakan oleh perpustakaan sekaligus membujuk semua masyarakat untuk bereaksi terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perpustakaan, Sikap pustakawan secara langsung sangat mempengaruhi citra perpustakaan. Jika petugas perpustakaan menunjukkan kesan yang balk dalani meuiberi pelayauau kepada pemakai, maka la telah melakukan promosi[5]
Pustakawan atau petugas yang berwewenang atas perpustakaan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Pengunjung akan merasa puas atau enjoy dengan layanan petugas perpustakaan. biasanya pengunjung akan bercerita kepada orang lain tentang perpustakaan, baik keadaan, koleksi, fasilitas yang ada maupun petugas. maka lama-kelamaan pengunjung akan terus bertambah. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencari respon secara langsung dan cepat kepada pengguna atau calon pengguna dengan jalan memaksimalkan produk-produk dari sumber-sumber informasi yang ada dan disaimpaikan kepada penggunaan.  Meskipun secara umum bentuk-bentuk promosi memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk-bentuk tersebut dapat dibedakan berdasarkan tugas-tugas khusus (bauran promosi).[6]
Beberapa tugas-tugas  antara  lain :
1.      Personal Selling
adalah komunikasi langsung (tatap muka) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk-produk selungga mereka kemudian akan mencoba dan membelinya.
2.      Mass Selling
Merupakan pendekatan yang menggunakau media komunikasi untuk menyampaikan informasi kepada banyak dalam satu waktu.
Biasanya terdapat periklanan dan Publikasi.
3.      promosi Penjualan
Merupakan bentuk promosi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan Segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.
4.      Public Relations (hubungan masyarakat)
Metupakan upaya konnuiikasi menyelutlih dari suaht perusahaan tuituk empengaiuhi persepsi, opini, keyakiuau, dau sikap berbagai keiouipok terhadap perusahaan tersebut.
5.      Direct Marketing
Merupakan sistem pemasaran yang bersifat interaktif. yang memanfaatkan satu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon yang terukur dan atau transaksi di sembarang lokasi.
Pemasaran adalah penganalisisan,  perencanaan, dan pengawasan program agar terjadi pertukaran nilai dengan pasar yang ditargerkan demi tujuan organisasi. Dalam the library's product and excellence mengatakan bahwa perpustakaan bisa menghubungkan antara produk, hasil. dan peran. Pemasaran bisa membantu perpustakaan dalam menentukan  masa depannya dan mengidentifikasikan produk-produknya berkualitas layanan, program kegiatan, dan koleksi.[7]
Arti pemasaran dapat dikombinasikan antara keahlian pemasaran. usaha menjual, anggaran uutuk bisa memberikan kejutan lebih hebat dalam pemastikan mereka, keuletan, serta pengaruh lebih luas dalam arena pemasaran mereka. Pemasaran merupakan strategi perencanaan yang dimulai dari identifikasi kebutuhan konsumen yang diakhiri dengan penjualan yang berhasil dari suatu produk/jasa yang ditawarkan[8]
Jika dapat disimpulkan bahwa pemasaran dan promosi tidak bisa disamakan arti dan ruang lingkupnya. Dalam arti lain bahwa pemasaran mencakup promosi, sedangkan promosi belum tentukan mencakup atau dikatakan pemasaran. namun demikian promosi sangat mempengaruhi  kegiatan pemasaran. keduanya sangat menguatkan sebagai kesatuan dalam pelaksanaan manajemen yang professional.[9]

C.    Tujuan Promosi
Tujuan utama promosi adalah mengiformasikan, mempengaruhi dan membujuk serta mengingatkan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Secara rinci ketiga tujuan promosi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :
1. Menginformasikan (informing)
2. Membujuk pelanggan sasaran (persuading)
3. Mengingatkan (reminding)[10]
Tujuan promosi perpustakaan lainya adalah memperkenalkan koleksi serta pelayanan yang diberikan, agar yang memrlukan dapat memanfaatkan secara maksimal. Promosi perpustakan perlu dilakukan karena masih banyak anggota masyarakat yang belun mengenal manfaat suatu perpuastakan bagi dirinya. Keberhasilan promosi perpustakaan ditentukan oleh banyak factor, diantaranya oleh kesesuaian antara materi promosi. dan cara promosi dengan kebutuhan pemakai potensial.
Promosi perpustakaan merupakan aktifitas memperkenalkan Perpustakaan dari segi fasilitas. koleksi. jenis layanan. dan manfaat yang didapat dan diperoleh oleh setiap pemakai perpustakaan. Antara lain tujuanya adalah :
1.      Memperkenalkan fungsi perpustakaan kepada masyarakat pemakai
2.      Mendorong minat baca dan mendorong masyarakat agar meggunakan koleksi perpustakaan semaksimalnya dan menambah jumlah orang yang gemar membaca
3.      Meperkenalkan pelayanan dan jasa perpustakaan kepada masyarakat
4.      Memberikan kesadaran masyarakat akan adanya pelayanan perpustakan dan menggunakanya. serta mengembangkan pengertian masyarakat, agar mendukung  kegiatan perpustakaan
5.      Memasyarakatkan slogan "tak kenal maka tak sayang".[11]
Dengan demikian tugas promosi adalah untuk menarik minat perhatian sehingga masyarakat berminat terhadap apa yang dipromosikan.

D.    Fungsi Promosi
Promosi  sangat berfungsi bagi Perpustakaan Pergruan Tinggi karena dengan adanya promosi kita dapat memajukan Perpustakaan dan mengenalkanya kepada seluruh masyarakat pengguna. Adapun fungsi-fungsi secara umum antara lain :
1.      Memberi informasi
Kegiatau promosi dapat berfunggsi sebagai pemberi infomasi kepada masyarakat luas atau pencari infonnasi tersebut kemana, tentang bidang ilmu. promosi tersebut dapat memberi informasi lebih banyak.
2.      membujuk dan merayu
Membujuk dan merayu pencari informasi dan mempengaruhinya, berfungsi sebagai alat informasi, juga dapat berfungsi sebagai alat untuk membujuk dan merayu calon pencari informasi keperpustakaan Perguruan Tinggi. yang menarik, penyajiannya biasanya dalam bentuk yang menarik.
3.      Menciptakan Kesan
Dengan sebuah informasi pencari informasi akan mempunyai kesan tertentu terhadap produk yang dikeluarkan. Untuk  itu Perpustakaan perguruan Tinggi sebagai promosi berusaha untuk menciptakan suatu kesan bagi yang mencari informasi dan mempengaruhinya untuk mencari informasi ke Perpustakaan
4.      Sebagai Alat Kounuiikasi
Dalam melaksanakan kegiatan promosi, Perpustakaan Perguruan Tinggi secara tidak langsung telah berkoumuikasi dengan masyarakat luas. Dimana perpustakaan memberikan informasi tanggapan tentang sumber ilmu yang ditawarkan kepada pengguna perpustakaan atau pencariinformasi dan masyarakt memberi tauggapan melalui buku atau sumber informasi yang disajikan di perpustakaan tersebut.
Fakta menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan perpustakaan sebagai sarana atau media belajar masih sangat rendah. Maka perpustakaan perlu adanya promosi kepada pengguna. agar berfungsi untuk merangsang (memotivasi) pemakai untuk lebih tertarik mengguuakan jasa layanan perpustakan.

E.     Macam-macam Sarana Promosi Perpustakaan
                 Sarana promosi merupakan lahan. cara atau tempat kita untuk menuangkan ide atau gagasan dalam melaksanakan suatu promosi tersebut, bisa juga sarana/media promosi yang dilakukan adalah :
1.      Penyebaran Brosur: Brosur tersebut berisi informasi tentang keberadaan Perpustakaan. waktu dan hari kegiatan Perpustakaan. Tennasiak koleksi yang perlu diketahui oleh pemakai Perpustakaan.
2.      Pendidikan Pemakai : Dalam mempromosikan atau memperkenalkan suatu Perpustakaan, sangatlah penting bagi perpustakaan untuk mengadakan atau ikut dalam pameran. Karena dengan itu Perpustakaan dapat dilihat dan diketahui keberadaannya sekaligus apa-apa saja yang ada diperpustakaan. Pendidikan Pemakai Perpustakaan memberikan suatu penjelasan kepada pengguna perpustakaan. Bagaianana cara memanfaatkan perpustakaan secara benar dan efektif. Dan perpustakaan juga harus mempunyai pustakawan-pustakawan yang handal dan berpendidikan dalam bidang perpustakaan. Agar pengguna tidak segan-segan untuk bertanya dan pustakawan tidak susah untuk menjawab.
3.      Pamplet : Pemasangan pamplet ditempel-tempel di Perpustakaan juga berguna untuk menginformasikan suatu perpustakaan untuk dapat menarik minat pemakai.
4.      Penyebaran Bibliografi: Informiasi tentang buku-buku yang ada pada koleksi pertpustakaan

F.     Kendala-kendala Dalam Penerapan Strategi Promosi Perpustakaan
Kendala-kendala yang dialami oleh Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam menjalankan suatu promosi Perpustakaan. kendala dalam promosi inilah yang mempengaruhi proses kerja dalam sebuah organisasi. Kendala-kendala tersebut antara lain terdiri dari dalam maupun dari luar perpustakaan.
1.      Dari Dalam
  1. Sarana dan  Prasarana
Sarana dau prasarana merupakan  faktor penting.  Semua sarana yang ada di Perpustakaan yang paling diperhatikan adalah fasilitas-fasilitas perpustakaan
  1. Sumber daya Manusia
Sumber  daya manusia yang ada di Perpustakaan kurang
  1. Dana
Dana untuk promosi kurang. Dengan dana yang minim perpustkaan akan sulit melakukankan ataupun menjalankan promosi. Perpustakaan selalu mengahadapi dilema antara berkonsentrasi pada pengembangan koleksi.

2.      Sedangkan kendala dari luar yang dihadapi antara lain
  1. Kerja sama/koordinasi
Perpustakaan Perguruan Tinggi kurang dalam hal kerja sama antara lembaga­-lembaga maupun peugurus-pengurus perpustakaan kabupaten/kota yang lain.
  1. kepedulian masyarakat masih sangat minim dalalm hal datang ke perpustakaan

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan.

Publisitas adalah penempatan berupa artikel, tulisan, foto, atau tayangan visual yang sarat nilai berita baik karena luar biasa, penting, atau mengandung unsur-unsur emosional, kemanusiaan, dan humor) secara gratis dan bertujuan untuk memusatkan perhatian terhadap suatu tempat, orang, orang, atau suatu institusi yang biasanya dilakukan melalui penerbitan umum.

Promosi perpustakaan merupakan aktifitas memperkenalkan Perpustakaan dari segi fasilitas. koleksi. jenis layanan. dan manfaat yang didapat dan diperoleh oleh setiap pemakai perpustakaan. Antara lain tujuanya adalah :
1.      Memperkenalkan fungsi perpustakaan kepada masyarakat pemakai
2.      Mendorong minat baca dan mendorong masyarakat agar meggunakan koleksi perpustakaan semaksimalnya dan menambah jumlah orang yang gemar membaca
3.      Meperkenalkan pelayanan dan jasa perpustakaan kepada masyarakat
4.      Memberikan kesadaran masyarakat akan adanya pelayanan perpustakan dan menggunakanya. serta mengembangkan pengertian masyarakat, agar mendukung  kegiatan perpustakaan
5.      Memasyarakatkan slogan "tak kenal maka tak sayang".


DAFTAR PUSTAKA

Latif, Abdul, Strategi Promosi Upt Admadjaya, Yogyakarta: Fakultas Adab, 2004.
Qalyubi, Shihabuddin, dkk. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Yogyakarta: Fakultas Adab, 2003
Suryadi, Didid, Promosi Efektif Menggugah Minat dan Loyalitas Pelanggan, Yogyakarta: Tugu Publlisher, 2006
Tjiptono, Fandy.  Strategi Pemasaran, Ygyakarta: Fakultas Adab, 1997









[1] Tjiptono, Fandy.  Strategi Pemasaran, Ygyakarta: Fakultas Adab, 1997 hlm. 219
[2] Qalyubi, Shihabuddin, dkk. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Yogyakarta: Fakultas Adab, 2003. Hlm. 259  
[3] Suryadi, Didid, Promosi Efektif Menggugah Minat dan Loyalitas Pelanggan, Yogyakarta: Tugu Publlisher, 2006. Hlm. 32
[4] Tjiptono, op.cit. hlm. 219
[5] Qalyubi dkk, op. cit. hlm. 263.
[6] Tjiptono, op.cit. hlm. 222 
[7] Qalyubi, op.cit. hlm.264
[8] Latif, Abdul, Strategi Promosi Upt Admadjaya, Yogyakarta: Fakultas Adab, 2004. hlm.31
[9] Ibid. hlm.32
[10].Tjiptono, lock.cit. hlm. 221-222
[11] Qalyubi, lock. Cit. hlm. 260

Tidak ada komentar:

Posting Komentar